Tanpa Minum, Ini Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa Ramadhan

Home / Gaya Hidup / Tanpa Minum, Ini Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa Ramadhan
Tanpa Minum, Ini Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa Ramadhan ILUSTRASI. (FOTO: seruni.id)

TIMESBALI, JAKARTACegukan saat puasa tentu membuat bingung bagaimana mengatasinya. Selama menjalani puasa Ramadhan kita memang tidak boleh minum sebelum waktu bebuka tiba. Padahal minum menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi cegukan. Lalu bagaimana cara mengatasi cegukan saat puasa?

Dilansir dari Klik Dokter, berikut 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan cegukan saat puasa tanpa bantuan air putih.

1. Tahan napas

Tindakan ini adalah yang paling populer dilakukan untuk menghentikan cegukan. Cara melakukannya pun mudah, tahan napas dalam 10 hitungan (hitung lambat) sebelum akhirnya kembali mengembuskan napas. Lakukan sebanyak 3–4 kali setiap 20 menit. 

2. Bernapas dalam kantung kertas

Gunakan bantuan kantung kertas untuk bernapas. Caranya, hirup, lalu buang napas ke dalam kantung kertas tersebut berulang kali dalam periode tertentu. Lama-kelamaan, otot diafragma yang tadinya kejang akan melemas kembali.

Jangan menggunakan kantung plastik, karena saat Anda mengambil napas kantung tersebut justru akan menempel pada mulut dan hidung.

3. Lakukan gerakan menelan sambil menekan hidung

Lakukan gerakan menelan sambil menekan bagian hidung. Anda juga bisa duduk sambil memeluk lutut sedekat mungkin ke arah dada untuk menghentikan cegukan. Lakukan posisi duduk tersebut selama 2 menit. Posisi itu akan menekan area diafragma sehingga udara yang terjebak bisa keluar.

Jika belum berhasil, berikan pijatan dengan ujung jari secara lembut pada area ulu hati Anda. Lakukan selama 20–30 detik, dan biasanya cegukan akan berhenti.

Cegukan saat puasa umumnya memang bukan hal yang mustahil terjadi. Untungnya, keluhan ini bisa diatasi tanpa perlu membatalkan puasa Ramadhan yang tengah Anda jalani. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com