Banyak Kapal Berlabuh di Muncar, Satpol Air Giatkan Patroli Laut

Home / Berita / Banyak Kapal Berlabuh di Muncar, Satpol Air Giatkan Patroli Laut
Banyak Kapal Berlabuh di Muncar, Satpol Air Giatkan Patroli Laut Kasat Polair AKP Subandi, saat memberikan pengarahan kepada ABK kapal nelayan, Rabu (15/2/2017).(Foto: Romi S/TIMES Indonesia)

TIMESBALI, BANYUWANGI – Banyaknya kapal dari luar wilayah Banyuwangi, Jawa Timur yang berlabuh di perairan Muncar karena cuaca buruk membuat Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Banyuwangi meningkatkan patroli laut.

Petugas satpolair mendatangi satu persatu kapal yang berlabuh, seperti tug boat batubara yang sedang berlindung di teluk Sembulungan dan kapal nelayan asal pekalongan.

“Semua dokumen berkas kapal tug boat aman, dan mereka berlindung dari cuaca buruk di teluk sembulungan,” kata Kasat Satpolair Banyuwangi, AKP Subandi AKP Subandi, Rabu (15/2/2017).

Dari hasil pemeriksaan, banyak kapal yang tidak memiliki standar alat keselamatan, seperti pelampung maupun sekoci.

"Banyak yang kapal tidak memiliki alat komunikasi (radio marine) serta tidak aada jaket pelampung, serta minimnya alat keselamatan berlayar lainnya," kata Subandi.

Menemukan hal ini, petugas Satpolair melakukan pengarahan kepada kapten kapal dan seluruh anak buah kapal (ABK)

Selain masalah keselamatan, hal lain yang ditemui adalah Surat Persetujuan Berlayar (SPB) kapal Sumber Rahmat, milik nelayan Muncar yang diterbitkan Syahbandar Muncar tidak sesuai dengan nama nakhoda,

“Jadi nama nakhoda pada SPB tidak sesuai yang saat itu mengoperasikan kapal,” ucapnya.

Menemukan hal ini, Satpolair langsung berkomunikasi dengan pihak Syahbandar Wilayah kerja Muncar.

"Kami juga lakukan bimbingan serta penyuluhan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut saat nelayan berlayar," kata Subandi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com