Gubernur Kalsel Bentuk Tim Konservasi Bekantan dan Orangutan

Home / Berita / Gubernur Kalsel Bentuk Tim Konservasi Bekantan dan Orangutan
Gubernur Kalsel  Bentuk Tim Konservasi Bekantan dan Orangutan Bekantan. (Foto: TN Sebangau)

TIMESBALI, BANJARMASIN – Melihat populasi Bekantan di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang memprihatinkan, Gubernur Kalsel segera membentuk  tim konservasi orangutan dan Bekantan di Kalsel.

Perhatian pemerintah Kalsel itu disambut positip Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) dan mengusulkan tim konservasi ini bisa bekerja cepat dan menggandeng pihaknya juga LSM yang peduli dengan satwa lainnya.

Ketua Yayasan Sahabat Bekantan Indonesia (SBI), Amalia Rezeki mengatakan, langkah Pemprov harus dimulai dengan mengumpulkan data data populasi orangutan dan bekantan di Kalimantan Selatan.

Selama ini, habitat dan populasi orangutan juga bekantan,mengalami penurunan sangat drastis akibat, alih fungsi lahan, pembangunan pemukiman, kebakaran hutan dan perburuan liar. Temuan itu didapat ketika Tim Observasi Pusat Studi dan Konservasi Keanekaragaman Hayati  Biodiversitas Indonesia dan Universitas Lambung Mangkurat melakukan observasi tahun tahun sebelumnya.

Tugas tim dimulai dengan mengumpulkan data-data tentang orangutan dan bekantan, kemudian melakukan studi populasi, distribusi, dan membuat Mapping Habitat Orangutan dan Bekantan yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan.  

Selain itu melakukan analisis sosial dampak dan keterancaman orangutan dan bekantan serta konflik dengan manusia, disamping menyusun rencana aksi dan memberikan rekomendasi untuk kegiatan konservasi orangutan dan bekantan.

“Tim harus melakukan koordinasi dengan semua pihak dalam upaya pelestarian orangutan dan bekantan,” tambah Amalia.

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Tags:

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com